-->

Alun-alun Tugu Kota Malang ( Jl. Tugu, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang )


                    Setiap kota sudah pasti mempunyai ikon atau tugu yang terkenal tidak hanya bagi warga kotanya tetapi juga orang lain yang sedang berkunjung ke kota tersebut. Sebut saja Kota Padang yang terkenal akan Jam Gadangnya dan Surabaya yang terkenal akan Tugu Pahlawannya. Nah, bagaimana dengan Kota Malang? Kota yang terletak di daerah dataran tinggi nan sejuk ini ternyata juga punya lokasi ikonik yang sering menjadi pusat tujuan warga Malang untuk sekedar berlibur ataupun juga para wisatawan baik lokal maupun internasional yang melengkapi kunjungannya di kota yang terkenal akan cuaca sejuknya ini. Lokasi ikonik yang dimaksud adalah Alun-Alun Tugu Kota Malang.

                     Alun-alun Tugu yang dikenal dengan sebutan Alun-Alun Bundar, yang memang bentuknya bundar, merupakan sebuah alun-alun atau town square yang terletak di sekitar pusat pemerintahan Kota Malang dan bangunan-bangunan terkenal yang berada di sekelilingnya. Alun-alun yang di tengahnya berdiri sebuah tugu runcing memanjang berukuran sekitar 10 meter ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun asing karena tempatnya yang indah. Tempat ini terbagi menjadi beberapa bagian. Pada sisi bagian luar alun-alun ini terdapat pagar semen yang dibentuk dengan indahnya dilengkapi dengan trotoar yang tentu dapat menjadi tempat nongkrong. Nah, masuk ke dalamnya, pengunjung akan disambut dengan banyaknya bunga yang tumbuh di rumput hijau yang luas. Namun, beberapa waktu lalu rumput tersebut telah diharamkan untuk diinjak para pengunjung. Para pengunjung hanya diperbolehkan berjalan pavement yang terdapat di area alun-alun Tugu.

             Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada sebuah tugu besar yang terdapat di bagian tepat tengah alun-alun. Tugu ini telah menjadi ikon dan symbol Kota Malang. Gambar tugu Kota Malang sudah menghiasi banyak sekali aksesoris atau kaos yang pengunjung beli di kota ini. Selain tugu yang terlihat megah dan hebat, ada sebuah kolam teratai yang melingkari tugu tersebut. Untuk menikmati keindahan bunga teratai, pengunjung bisa mengunjungi alun-alun tugu pada waktu pagi hari karena pada pagi hari bunga-bunga teratai akan mekar ka nad sesekali lebah yang menghisap madu di kelopak bunga teratai. Namun, jika pengunjung datang pada saat matahari sudah ada di atas kepala atau ketika hari sudah senja, maka pengunjung hanya bisa melihat bunga teratai yang sudah menguncup. Namun jangan khawatir, masih ada hal menarik yang pengunjung dapat nikmati di kolam tersebut. Ada banyak sekali ikan yang berenang mencari makan di sela-sela akar teratai. Jika anda sedang beruntung, ka nada sesekali penjual makanan ikan yang menjajakan segegenggam pakan ikan yang anda bisa berikan ke ikan-ikan yang berenang di kolam tersebut.

                Selain itu, jika pengunjung mengunjungi tempat ini pada akhir pekan, ada dua bis yang siap mengantar anda berjalan-jalan mengelilingi beberapa spot menarik di Kota Malang. Atau, anda bisa berjalan sejenak untuk mengunjungi wisata sejarah Malang Tempo Dulu yang berada di belakang kantor WaliKota Malang yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari alun-alun. Singkat kata, ada banyak sekali hal yang anda bisa nikmati hanya dengan mengunjungi alun-alun yang terletak di depan Kantor Balai Kota Malang dan kompleks sekolah menengah atas favorit di Kota Malang. Di samping itu, banyak sekali tempat-tempat unik lainnya yang dapat dicapai dari tempat ini seperti Hotel Tugu dan juga pasar bunga dan Burung Splendid. Selamat mengunjungi !

0 Response to "Alun-alun Tugu Kota Malang ( Jl. Tugu, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel